Cara Memperbaiki Motor Brebet Ketika di Gas

Posted on

Sepeda motor brebet ketika di gas, pasti sangkaan atau indikasi awal adalah busi yang udah mau mati. dan ketika melakuakan perbaikan pun memang pastinya busi adalah komponen pertama yang akan anda periksa. Namun bukan hanya busi yang bisa mengakibatkan brebet, karburator, CDI dan Pulser pun bisa mengakibatkan hal ini.

Khusus jika anda mengalami hal ini di perjalanan, saya punya tips untuk memperbaiki kondisi ini. umumnya orang ketika berkendara menggunakan sepeda motor, maka akan membawa obeng dan kunci busi. karena jika sepeda motor baru dari dealer pun pasti di box ada kunci busi dan obeng. nah ketika motor anda tiba-tiba brebet saat ditarik gas di rpm tinggi lakukan hal ini.

Cara Memperbaiki Motor Brebet Ketika di Gas

Yang pertama cek dulu busi dan bersihkan. kemudian ini dari pengalaman saya, buang bensin di karburator. bisa anda lakukan tanpa membongkar karburator. mungkin cara ini susah juga jika pada sepeda motor matik. buang bensin melalui baut pembuangan yang di bagian bawah karburator menggunakan obeng.

Cara Memperbaiki Motor Brebet Ketika di Gas

Pengalaman saya terdapat air di dalam karburator. sepeda motor normal jika di rpm rendah, namun jika akan menggapai rpm tinggi malah brebet. jika masih juga brebet, bejkap aja karburator sambil mainkan gas. mudah-mudahan kembali normal dan anda bisa melanjutkan perjalanan dengan nyaman.

Namun jika belum juga ilang brebetnya, coba ganti busi dengan yang baru. bisa jadi busi udah mau mati. dan coba anda cek juga kabel setrum koil. socket yang longgar juga kerap mejadi masalah brebet di putaran atas. jika masih juga brebet, mending bawa ke bengkel untuk memeriksa CDI dan komponen pengapian lainnya. atau juga membongkar karburator untuk dibersihkan secara total.

Jika ditemukan air dalam karburator, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan tangki bahan bakar. jika ditemukan tangki bahan bakar kemasukan air maka saran saya kuras juga tangki bahan bakar agar air tidak masuk ke karburator lagi. Semoga bermanfaat dan terimkasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *