Cara Memperbaiki Setir / Kemudi Mobil Berat

Posted on

Salah satu yang bisa terjadi pada setir mobil atau kemudi mobil adalah terasa berat. apa yang harus anda lakukan untuk memperbaikinya tentu saja ada beberapa komponen yang harus anda periksa. jika pada stir yang sudah menggunakan Power Steering memang yang harus anda vek pertama kali adalah oli power steering nya. jika kurang atau kosong isi segera dan jika ada bagian yang bocor pada sistem kemudinya maka segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki. namun jika pada setir yang masih konvensional penyebabnya lebih kepada komponen lainnya.

Yang bisa membuat setir terasa berat pada sistem kemudi yang belum power steering bisa diakibatkan oleh komponen kemudi dan kaki-kaki kering. seperti tie rod dan ball joint. nah bagimana cara memperbaiki kemudi yang berat lakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Memperbaiki Setir / Kemudi Mobil Berat

Cara Memperbaiki Setir / Kemudi Mobil Berat
  • Diameter setir

Diameter setir yang lebih kecil dari standar pabriknya akan menyebabkan setir terasa berat. tentunya tidak akan terlalu ngefek jika setir power steering tapi jika yang konvensional akan terasa efeknya. namun memang dengan mengganti stir menggunakan diameter yang lebih kecil juga bisa membuat kemudi makin simpel dan responsife.

  • Ban

Ban yang kurang angin atau bahkan ban dengan tapak yang lebih lebar dari standar juga akan mengakibatkan setir terasa berat. ini akan sangat terasa jika pada setir yang belum power steering. sistem kemudi standar tentunya sudah disesuaikan dengan ukuran ban standar. makanya ketika anda berniat mengupgrade ukuran ban maka anda harus pertimbangkan dulu karena akan berimbas pada stir. apalagi jika sistem kemudi mobil anda masih standar belum power steering.

  • Tie rod dan Ball joint kering

Tie Rod dan Ball joint yang kering juga bisa membuat seret dan akan membuat kemudi terasa berat. selain itu juga bisa timbul bunyi saat setir dibelokan. pada beberapa jenis mobil, komponen Tie Rod dan Ball joint dilengkapi niple untuk memasukan gemuk atau stempet. dan ada juga yang tidak. bagi yang gak ada niplenya anda harus buka dulu tie rod dan ball joint, buka karet Boot penutupnya dan beri gemuk.

Pada beberapa jenis sistem kemudi juga pada setirnya tidak menggunakan oli sebagai pelumasnya melainkan menggunakan stempet atau gemuk. contoh Mitsubishi T 120 SS dan suzuki Futura. bisa juga setir berat akibat gemuk di dalam setir kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *