Cara Mengganti Tie Rod dan Ball Joint Mobil

Posted on

Tie rod dan ball joint adalah komponen pada kemudi dan kaki-kaki mobil yang paling sering rusak kalo mobil agan sering melalui jalanan yang rusak dan berlubang. tanda-tanda akibat tir rod atau Terot dan ball joint rusak adalah jika pada tie rod rusak, setir biasanya speleng nya atau jarak bebasnya terlalu panjang dan jika ball joint yang rusak dari ban terlihat mring. jika melindas jalanan rusak akan terdengar bunyi gluduk-gluduk. dan juga mobil terasa oleng saat dibawa jalan. terot rusak juga bisa bikin setir bergetar pada kecepatan tinggi.

Cara mengganti tie rod dan ball joint itu mudah untuk mengganti tierod dan ball joint, anda hanya perlu mendongkrak dan membuka ban. copot kawat pengaman / spi nya dan kendurkan dan buka mur tie rod atau ball joint. nah setelah itu masuk ke langkah selanjutnya. pada langkah selanjutnya inilah yang kerap banyak menjadi kesulitan untuk kebanyakan orang. memang ada alat khusus yang memudahkan untuk mengerjakanya Nama serta harga alat pembuka tie rod bisa anda lihat di artikel Harga Treker Tie Rod & Ball Joint namun juga bisa dilakukan tanpa treker terot. langsung ajha ke langkah berikutnya.

Cara Mengganti Tie Rod dan Ball Joint Mobil

Cara Mengganti Tie Rod dan Ball Joint Mobil

Setelah Mur dilepas, maka tie rod atau ball joint gak langsung terlepas. untuk membukanya anda harus menggunakan alat pembuka tie rod atau bisa menggunakan palu tapi menggunakan teknik. untuk cara melepas tie rod dan ball joint menggunakan alat khusus dan juga menggunakan palu, bisa anda lihat di Cara Membuka Tie Rod.

Setelah anda buka, maka langkah selanjutnya anda harus melepas terot dari batang kemudi, caranya kendurkan mur pengunci di batang kemudi dan buka terot. awas drat kanan dan kiri itu berbeda, ketika anda memasang terot baru perhatikan dratnya. kalo salah gak bakal masuk. tips sebelum memasang terot baru, biar awet jika terot dilengkapi dengan niple pemasukan stempet maka berilah stempet pakai pompa stempet. jika gak ada niple, buka aja karet penutupnya, kalo stempet kurang tambahin aja biar awet.

Satu hal lagi yang harus anda tahu, setelah anda memasang terot baru, maka wajib anda harus melakukan spooring. anda bisa bawa ke bengkel spooring atau Coba Cara Spooring Sederhana. kenapa harus di spooring, karena jika terot diganti atau dibuka dan diubah maka keselarasan antara ban kiri dan kanan bisa berubah. jika dibiarkan akan mengakibatkan kemudi berat sebelah bahkan ban habis sebelah.

Dalam hal perawatan tie rod dan ball joint, jika yang sudah dilengkapi dengan niple untuk stempetan maka sebaiknya anda rutin melakukan stempetan pada tie rod dan ball joint. untuk memudahkan maka lakukan stempetan pada saat anda ganti oli mesin. agar sistem kemudi selalu ringan dan terot serta ball joint awet. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *