Tips Memilih Oli Yang Baik Dan Benar Untuk Kendaraan

Posted on

Oli pada mesin memegang peranan sangat penting. berfungsi sebagai pelumas, sebagai Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin. nah banyak bukan fungsi dari oli tersebut. umumnya kita kenal hanya sebagai pelumas bagian mesin saja, namun ternyata banya fungsi lain dari oli. nah bagaimana tips memilih oli yang baik atau bagus dan cocok dengan mesin mobil atau mesin motor kita. berikut ini tipsnya langsung aja simak dibawah.

Buat anda yang bingung pilih oli pelumas apa yang mau anda pake ke mesin kendaraan anda, baik mobil dan sepeda motor, tips berikut ini mungkin bisa membantu anda.

Tips Memilih Oli Yang Baik Dan Benar Untuk Kendaraan

Tips Memilih Oli Yang Baik Dan Benar Untuk Kendaraan

  • Spesifikasi Oli

Banyak tutorial tentang bagaimana memilih oli untuk mobil dan motor anda, lengkap dengan arti dari dari kode SAE dan spesifikasinya yang mungkin akan membuat anda bingung. sebetulnya menurut saya dalam memilih oli kita berpatokan saja pada spesifikasi yang direkomendasikan. di setiap kendaraan biasanya ada rekomendasi dari pabriknya. SAE berapa dan apa standar yang dianjurkan dari pabriknya. tentunya merek bisa bebas terserah anda mau pilih oli merek apa, asal spesifikasinya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Kemudian anda juga harus memperhatikan apakah oli tersebut khusus Motor atau Mobil. ingat oli untuk mobil tentunya tidak akan cocok untuk sepeda motor. Oli motor dibuat khusus untuk motor karena kinerja mesin motor lebih berat dari mesin mobil dan oli motor mengandung aditif khusus anti selip kopling karena motor ( selain matic) menggunakan kopling basah. sedangkan mobil menggunakan kopling kering. bisa saja jika pakai oli mobil di motor akan selip kopling nantinya,

  • Jadwal Penggantian Oli

Ini yang jarang orang baca atau jarang orang cari tahu, berapa kilometer oli yang anda gunakan merekomendasikan untuk diganti. contoh jika anda membeli motor honda beat dan motor tersebut direkomendasikan menggunakan oli AHM dan diganti setiap 4000 km. oke anda ganti setiap 4000 km namun jika anda mengganti oli dengan merek atau produk lain, apakah oli baru tersebut tahan hingga 4000 km atau malah lebih. nah ini yang harus anda cari tahu. sebagian oli ada yang tertulis oli tersebut tahan hingga berapa Km.

  • Kualitas Oli

Ketika anda sudah memilih oli dan sudah menggunakanya, ingat juga untuk selalu memperhatikan kualitas oli pada mesin kendaraan anda. percuma anda gunakan oli dengan kualitas bagus dan mahal tapi anda ganti olinya kalo lagi inget aja. masih mending oli biasa tapi sering ganti kalo gitu. dan juga perhatikan saringan oli atau Oil Filter bagi mobil dan motor yang menggunakannya, komponen ini juga harus diganti secara berkala. akan percuma anda sering ganti oli atau menjaga kualitas oli kalo oli tersebut dialirkan melalui saringan yang kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *